Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Service CVT dan Cara Melumasi Komponen CVT Matik

Service CVT dan  Cara Melumasi Komponen CVT Matik halo sobat ketemu lagi neeh di idokeren.com blog yang mengulas tentang otomotif sepeda motor roda dua. oke sekarang kita ke focus utama yaitu kita mengulas apa saja sich komponen yg mendapatkan pelumasan di dalam cvt ???


Komponen CVT


Setelah cari-cari info kebengkel terdekat ternyata ada beberapa bagian loo didalam cvt yang harus mendapatkan pelumasan dengan menggunakan gemuk khusus CVT loooo apa saja yuu kita lihat cekidoooot....

Komponen CVT Yang perlu Di Lumasi Gemuk

Setelah komponen cvt terbongkar semua maka kita akan melihat kruk as sepeda disini kita tidak membahas cara membongkar cvt ad anda dapat  baca di cara membongkar cvt

Motor nah bagian kruk as yang sekaligus sebagai as rumah roller ini ini harus mendapat pelumas dengan gemuk cvt khusus karena 


bagian ini akan bergesekan langsung dengan bos rumah roller makin sering di lumasi akan semakin bagus jika kita tidak pernah

melumasi as dan rumah roller dapat di  pastikan  akan terjadi ke aus -an pada komponen tersebut oleh karena itu harus rajin rajin service CVT ya agar tidak keluar budget yang besar. 
rumah kopling oke baiklah bagian apa saja sich yang di lumasi gemuk cvt oke kita lihat ya gambar nya 


Kruk AS Yang Di Lumasi


di bawah ini dapat kita lihat ada sekitr 6 buah roller, roller itu bentuknya standarnya adalah bulat seperti pipa jika ada bagaian

pada roler yang terkikis atau bentuk roller CVT menjadi peyang harus segera diganti karena dapat menyebabkan pergerakan roler

terganggu hingga dapat menimbulkan getaran yang kurang menyenangkan  di sertai bunyi yang kurang enak di kuping dan di sepeda motor matik kita 

Rumah Roler bagaian dalam di lumasi

      
pastikan saat memasang roller kedalam rumah nya dalam keadaan clean / bersih agar saat di pasang nanti tidak ada kotoran yang mengganggu pergerakan roller saat naik dan turun sesuai kecepatan mesin.

Boos rumah roller


nah setelah melumasi bagian bagian pada tampak gambar di atas maka kita beralih ke driven sekunder atau biasa di sebut puley 


Puley belakang / Berbentuk payung


dapat kita liahat di atas ada driven puley di tengah itu ada laah gemuk yang memang harus kita periksa apakah gemuk disitu masih

ada atau tidak kadang jika gemuk yang di pakai kurang bagus kualitasnya bisa menyebabkan kering atau hangus saat mesin / kendaraan bekerja berat karena sangat panas 

oleh karena itu usahakan menggunakan gemuk yang berkualitas bagus atau biasanya beli di dealer resmi harganya sekitar 15-20 ribu. 


Bagian CVT yang  di lumasi


       
naah bagian bagian pada gambar di atas sangat penting mendapat pelumasan looo leh karena itu kita juga harus tau bagian apa saja 

yg dilumasi saat di service jadi motor kita bisa tetap aweet walau kita tidak bisa service tetapi kalo kita mengetahui bagian apa saja 

yang mendapat pelumasan maka kita juga ikut merawat looo takut nya saat service mekaniknya lupa untuk melumasi bagian penting 

itu hehee ok cukup sekian yaa kalo mau liat artikel lainya mampir saja di idokeren.com nah sobat jika artikel diatas bermanfaat tolong share ya karena share itu gratis gratis gratis ( :V ).